Jumat, 06 Agustus 2010 5 komentar

KOIL TONGGAK BARU MUSIC ROCK

KOIL Koil adalah salah satu band yang berasal dari kota bandung yg berdiri pada tahun 1993 yang mengusung aliran music Rock. Band yang berformasikan 5 personil ini memutuskan untuk mebawakan lagu-lagu ciptaan sndiri. Suatu keputusan yang kurang lazim sebenarnya pada waktu itu karena kebanyakan band rock pada zaman itu membawakan lagu-lagu ciptaan orang lain. Band yang berformasi: Otong (vokal), Doni (gitar), Imo(bass), dan Leon (drum) ini dengan usaha yang keras akhirnya berhasil menciptakan beberapa buah lagu . Pada tahun 1994 dengan dana yang sangat minim koil masuk studio rekaman dan berhasil merilis 8 buah lagu. Lagu itu kemudian dirilis dalam single"Demo From Nowhere". Tapi kaset ini hanyd di edarkan terbatas selain keterbatasan dana koil juga kesulita mencari tempat untuk memasarkan kasetnya. Namun pada waktu itu hanya ada satu-satunya toko yang mau memasarkannya kasetnya yaitu toko kaset"Reverse Outfits" milik Richard Mutter mantan drumer pas band.

Tahun 1996 ada seorang produser yang bernama"Budi soesatio" dari label project Q yang tertarik untuk merilis album koil dan mengontraknya 2 album. Akhirnya pada bulan september 1996 koil pun merilis full albumnya yang pertama yang berjudul"KOIL" dan lagu-lagunya pun sebagian di ambil dari single Demo From Nowhere.
Album pertama yg di luncurkan pun mendapat tanggapan positif dari masyrakat indonesia terutama dari para pencinta musik rock. Karen Koil di anggap sebagai tonggak baru dalam kancah musik indonesia. Karena koil dalam mengusung musik rock selalu di penuhi dengan sampling sampling suara. Tidak hanya sampling suara yg di masukan tetapi koil juga memasukan sampling suara-suara yg ada di sekitar seperti suara air, suara besi di pukul, suara panci di pukul, suara org pidato, dsb yang di garap dengan teknik suara sampling yg bagus. Selain itu lirik dari lagu koil yang selalu menggambrarkan kekosongan hati, kegelapan, dan kehampaan cinta yang di tuangkan bait bait lagu dengan menggunakan lirik bahasa indonesia itu lah yang menjadi salah satu nilai plus untuk koil.
Sebenernya koil masih punya kontrak 1 album bersama project Q. Namun karena di landa kerisis moneter menyebabkan project Q tidak bisa memproduksi album ke 2 koil. Yang akhirnya koil pun memutuskan untuk keluar dari label project Q. Setelah keluar dari project Q koil kembali merilis single di bawah label"Apocalypse record" yang dibuat oleh otong(koil) dan juga Adam (kubik). Kaset single ini hanya diedarkan secara "indie" melalu jaringan distro-distro underground yg ada di kota-kota besar. Album ini pun membuat nama koil naik kepermukaan lagi yang di tandai dengan banyaknya tawaran manggung yg datang. Dalam pertunjukan nya koil mencoba memasukan konsep baru yaitu "fashion dan tari". Konsep yang mendapat perhatian besar dari koil adalah fashion karena penggunaan kostum khusus dalam setiap penampilanya yaitu kostum dari kulit berwarna hitam yang selalu di penuhi dengan asesoris logam, dan pemakaian sepatu boots tinggi yang selalu menbuat penampilanya beda antara koil dengan band-band lainya. Dan di tambah aksi tarian para wanita yang seksi yang mebuat pertunjukan menjadi semakin menarik .

Setelah merilis single koil kembali masuk studio rekaman untuk menyelesaikan materi lagu untuk album berikut nya.
Dan koil juga masuk di beberapa kompilasi seperti : Best alternative indonesia (aquarius musikindo), ticket to ride (spills record), dan kompilasi viking (persib).

Nah pada bulan febuari 2001 koil berhasil merilis full albumnya yang ke-2 yang berjudul "MEGALOBLAST" di bawah label "apocalyse Record". Album ini berisikan 10 lagu dan di bungkus dengan atwork kover yang sangat apik berwarna dominan putih yang bergambar seorang muka wanita.
Pendistribusian kaset ini pun tidak beda jauh dengan kaset album pertama yaitu melalui distro-distro underground, dan pemesanan lewat kantor pos dan beberapa toko kaset. Cara ini terpaksa di tempuh karena untuk menekan biaya. Meskipun di tempuh dengan cara ini tapi kaset album megabloast ini bisa terjual sampai 15 ribu kopi. Angka yg cukup besar bukan. Angka penjualan ini juga didukung dengan pembuatan poster dan balig6 yang gencar di pasang di jalan-jalan utama dan untuk promosinya koil di bantu oleh distro-distro, radio serta majalah.
untuk meningkatkan angka penjualanya koil membuat video klip untuk lagu Mendekati Surga dan kemudian
klip itu dikirim ke MTV, dan tidak
disangka-sangka ternyata klip itu
mendapat tanggapan positif dari
pihak MTV padahal pada saat itu MTV belum
menayangkan klip-klip band indie.
Setelah beberapa kali
ditayangkangkan, klip ini pun mendapat
respon yang sangat tinggi di MTV,
(bahkan menurut pihak MTV
melebihi request nya terhadap lagu
Linkin Park), Hal itu membuat pihak
MTV mengundang Koil untuk tampil
dalam acara MTV Musik Award 2003.

pada bulan
Oktober 2003 sebuah label yaitu Alfa
Record menawarkan kerjasama
untuk merilis kembali album
Megaloblast dengan pendistribusian
yang lebih luas yaitu seluruh
Indonesia. Akhirnya pada bulan
Desember 2003 album Megaloblast pun
dirilis kembali dengan penambahan
2 buah lagu remix dan perubahan
artwork kover album, menjadi
berwarna hitam, oleh karena itu
album ini sering disebut juga
MEGALOBLACK. Untuk menambah
tingkat penjualannya, Koil membuat 2
buah video klip lagi yaitu untuk lagu
Kita Dapat Diselamatkan dan lagu
Dosa Ini Tak Akan B

5 komentar:

"om rame" mengatakan...

group band ini sudah Lama tidak muncuL Lagi, padahaL Lagunya cukup kompeten di pasar musik indonesia.

"om rame" mengatakan...

semoga dunia musik tanah air dapat berkembang Lebih baik Lagi.

four dreams mengatakan...

yoi koil :D

encosgoblog mengatakan...

Ia om semoga aja

T. Khairil Ahsyar mengatakan...

berkunjung ketempat sahabat, ditunggu kunjungan baliknya...

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 EncosGoBlog All Rights Reserved. Themes by 'Masda'Zine | Powered by Blogger